Rabu, 30 Juni 2010

Nih dia Gan 8 Calon Pengganti Capello !!!



http://www.bbc.co.uk/blogs/robborobson/fabiocapello438318.jpg

Nasib Fabio Capello di timnas Inggris belum dipastikan. Namun publik dan media-media Inggris telah santer mewacanakan isu pengganti Capello menyusul kekalahan memalukan Inggris di perdelapan final Piala Dunia.

Berikut adalah 8 kandidat pengganti Capello versi Guardian:

1. Roy Hodgson

Mantan pemain timnas Inggris yang kini menjadi manajer Fulham. Hodgson juga pernah melatih Inter Milan, Blackburn Rovers, dan Udinese.

Ia mempunyai pengalaman internasional melatih timnas Swiss, Uni Emirat Arab, dan Finlandia. Di bawah asuhannya, Swiss mencapai babak perdelapan final Piala Dunia 1994 dan babak kualifikasi Piala Eropa. Sebagai catatan, Hodgson menguasai lima bahasa.

2. Harry Redknapp

Mantan pemain timnas Inggris yang mempunyai karir panjang di manajemen persepakbolaan. Ia kini manajer Tottenham Hotspur. Sebelumnya ia juga melatih West Ham United, Portsmouth, dan Southampton.

Di bawah asuhannya, Portsmouth memenangkan Piala FA 2008. Redknapp ternyata merupakan paman dari Frank Lampard. Redknapp sendiri menegaskan bahwa ia bersedia menggantikan Capello.

“Saya adalah seorang Inggris. Lalu kenapa saya tidak bersedia menjadi pelatih Inggris? Ini adalah negara kami sendiri,” kata Redknapp kepada Guardian.

http://i.telegraph.co.uk/telegraph/multimedia/archive/01349/martin_oneill_1349964c.jpg

3. Martin O’Neill

Mantan pemain bola kelahiran Irlandia ini kini menjabat sebagai manajer Aston Villa. Ia merupakan pilihan publik untuk menggantikan mantan pelatih Inggris Sven-Goran Eriksson pada tahun 2006. Sayangnya, ia gagal dalam sesi wawancara dengan Federasi Sepakbola Inggris (FA).

Di Aston Villa, ia membangun tim yang berintikan pemain-pemain muda Inggris. Ia juga dikenal sebagai motivator handal. O’Neill pernah melatih Celtic sebelum pindah ke Aston Villa. Di bawah asuhannya, Celtic mencapai final Piala UEFA 2003.

4. Stuart Pearce

Mantan kapten The Three Lions ini adalah salah satu staf Capello dan manajer Under-21 Inggris. Ia berhasil membawa Under-21 Inggris ke final Kejuaraan Eropa tahun lalu. Sampai saat ini, Pearce yang memiliki sejarah panjang sebagai pemain timnas Inggris tetap menjadi salah satu icon sepakbola Inggris.

5. Guus Hiddink

Mantan pemain Belanda yang diakui dunia sebagai manajer sepakbola hebat. Ia merupakan salah satu pelatih sepakbola terbaik di generasinya. Ia menjadi pelatih dengan bayaran termahal pada tahun 2009.

Hiddink berhasil meraih gelar treble (Eridivisie, Piala Belanda, Piala Eropa) dengan klub PSV Eindhoven. Di bawah asuhannya, Korea Selatan berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia 2002, Belanda ke semifinal Piala Dunia 1998, dan Rusia ke semifinal Piala Eropa 2008.

Ia juga mengembalikan kejayaan Chelsea dengan memenangkan Piala FA 2009 bagi klub Inggris tersebut. Sebelumnya, ia pun pernah melatih Valencia dan Real Madrid. Terhitung Agustus tahun ini, Hiddink menjadi manajer Turki untuk dua tahun ke depan.

Karena kontrak barunya tersebut, Hiddink beberapa waktu lalu menolak tawaran melatih Inter Milan pasca klub Italia tersebut ditinggal Jose Mourinho. Jadi, kecil pula kemungkinan Hiddink bisa melatih The Three Lions.

http://matanews.com/wp-content/uploads/david-beckham11.jpg

6. David Beckham

Dalam usianya yang kini baru menginjak 35 tahun, mantan kapten timnas Inggris dari tahun 2000-2006 ini dinilai masih terlalu muda untuk menjadi pelatih timnas Inggris.

Namun ia cukup diperhitungkan sebagai pelatih masa depan Inggris. Beckham dua kali menjadi runner-up FIFA World Player of the Year. Pada tahun 2004, ia menjadi pemain bola dengan bayaran termahal.

Karir profesional Beckham dimulai di Manchester United. Di sana, United memenangkan enam kali Liga Premier, dua kali Piala FA, dan Liga Champions 1999. Beckham kemudian pindah ke Real Madrid pada tahun 2003 selama empat musim.

7. Alan Shearer

Mantan pemain Inggris ini perman menjadi striker di Southampton, Blackburn Rovers, dan Newcastle United. Ia dikenal sebagai salah satu striker Inggris terhebat sepanjang masa, dan mencetak rekor gol di Liga Premier. Kini Shearer bekerja sebagai pengamat di BBC.

8. Steve McClaren

Mantan pemain dan pelatih Inggris. Kini ia menjadi manajer di Wolfsburg, Jerman. Sebelumnya, ia pernah menjadi pelatih Middlesbrough di Liga Inggris, di mana ia memenangkan Piala Liga pada tahun 2004 dan menjadi runner-up Piala UEFA 2006.

Ia juga sempat melatih timnas Inggris dari tahun 2006-2007. McClaren menjadi asisten manajer Sir Alex Ferguson pada tahun 1999, tahun di mana Manchester United meraih gelar treble.

Ia mungkin saja menjadi pelatih Inggris di masa mendatang. Namun saat ini sepertinya terlalu cepat baginya untuk kembali, karena ia masih mempunyai target di Bundesliga (Liga Jerman) bersama Wolfsburg.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar