Minggu, 14 Februari 2010

7 Langkah Mencegah Penuaan Dini

Penampilan kulit mampu menunjukkan seberapa besar perhatian seseorang dalam merawat kulit. Kondisi kulit memperlihatkan seberapa baik tingkat kesehatan, asupan makanan sehat, gizi dan vitamin yang dibutuhkan, dan seberapa banyak waktu kulit terpapar sinar matahari. Kulit kusam dapat menunjukkan lambatnya proses regenerasi sel dan sirkulasi darah.

Berikut langkah sederhana untuk menangkal penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

1. Menggunakan tabir surya

Di usia 50-an, tanda-tanda kerusakan kulit akan muncul seperti bintik atau bercak kecokelatan. Sejak dini, wanita perlu mencegah kerusakan kulit dengan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30.

2. Tidak akan menggaruk wajah

Kita selalu merasa tergoda untuk menggaruk dan mengambil luka bekas jerawat atau komedo dengan tangan. Namun perlu diingat, Anda akan meninggalkan bekas jaringan parut di wajah. Luka atau komedo harus diekstraksi dengan alat atau produk perawatan kulit yang tepat.

3. Tidak Akan Tidur tanpa Menghapus Riasan


Meskipun dipenuhi rasa bersalah setiap bangun, wanita sering kali tertidur tanpa sempat membersihkan wajah dari sisa-sisa riasan. Akibatnya, wajah rentan terkena infeksi dan jerawat, karena make-up menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi pada kulit.

4. Menyerdehanakan Perawatan kulit

Sebaiknya Anda menghindari penggunaan perawatan dan produk kecantikan yang berlebihan. Lebih baik jika mengetahui jenis kulit dan kebutuhan kulit Andasebelum menggunakan perawatan kulit. Kunjungi dokter kulit untuk mengetahui dengan pasti jenis kulit Anda.

5. Berhenti merokok

Meskipun sulit melepaskan kebiasaan merokok, Anda perlu menyadari bahwa merokok hanya merugikan kesehatan tubuh dan kulit. Kulit perokok lebih kusam dan lebih tua dibandingkan kulit mereka yang tidak merokok.

6.Minum Lebih Banyak Air Putih

Mengurangi kebiasaan minum minuman bersoda dan memperbanyak minum air putih untuk meningkatkan kelembaban kulit. Agar tetap lembab, asup air putih dan minum teh herbal beberapa cangkir sehari.

7. Makan Sehat


Agar kulit sehat, konsumsilah makanan yang kaya vitamin, mineral dan antioksidan. Sumber vitamin terutama dari biji-bijian, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk menjaga kestabilan dan kelembaban kulit.
Kurangi makanan olahan dan tambah asupan makanan kaya asam lemak seperti Omega-3. Hindari makanan cepat saji dan makanan yang mengandung gula, garam dan lemak tidak sehat. Ahli dermatologis mengatakan makanan yang digoreng dan makanan manis menyebabkan kulit berjerawat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar