Sunday, February 7, 2010

Breeding, Untuk Pemula

Oleh Bobby Sant

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda menutuskan untuk mengawinkan anjing betina anda karena merawat anjing hamil dan mengurus anakan bukanlah hal yang mudah tetapi harus dilakukan dengan rasa tanggung jawab yang besar. Dalam breeding , jangan anda lakukan semata-mata hanya karena uang. Jangan pernah berpikir kalau anakan anjing dapat menghasilkan uang yang banyak untuk anda. Anda harus memikirkan nasib anakan anjing yang telah anda hasilkan, akankah mereka dipelihara oleh orang yang bertanggung jawab?, akankah kesejahteraan hidup mereka baik?, dan lain sebagainya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anjing harus dibreeding

1. Penyakit : Anjing betina harus pernah dikawinkan dan mempunyai anak minimal satu kali dalam seumur hidupnya untuk mencegah penyakit kanker rahim atau kanker mamae (kelenjar susu). Jika anda tidak mau membreeding anjing betina and, sebaiknya dilakukan operasi pengangkatan rahim (sterilisasi) di usia muda atau sebelum anjing betina mendapat haid yang pertama.

2. Penerus keturunan: Umur anjing tidak sepanjang umur manusia, umumnya orang ingin mendapat anjing pengganti bila kelak anjingnya mati. Biasanya kita menginginkan anjing pengganti yang sifatnya dan fisiknya sama atau mendekati dengan anjing sebelumnya.

3. Meningkatkan kualitas: Biasanya dilakukan oleh seorang breeder yang ingin menghasilkan keturunan yang lebih baik lagi dalam segi anatomi dan sifat. Anjing betina yang memilki anatomi dan sifat yang baik akan dikawinkan dengan anjing jantan yang mempunyai anatomi dan fisik yang lebih baik dari anjing betina untuk mendapatkan dan menyempurnakan anatomi dan fisik dari sang induk. Hal ini dilakukan terus menerus dan tidak akan pernah berhenti untuk menghasilkan anjing yang berkualitas tinggi.

Jangan pernah melakukan breeding dengan alasan diatas jika ternyata anjing betina anda mempunyai penyakit yang dapat menurun pada keturunannya. Sebaiknya anjing betina yang akan dibreeding diperiksa terlebih dahulu oleh seorang dokter hewan yang berpengalaman.

Umur Yang Tepat Untuk Breeding

Umur yang tepat untuk breeding berbeda-beda untuk tiap rasnya. Jika kita melihat syarat umur minimal kawin pada peraruran yang dibuat oleh Perkin; untuk anjing trah kecil 12 bulan, anjing trah sedang 14 bulan, dan untuk trah besar 20 bulan.

Syarat umur minimal kawin anjing versi Perkin tidak sepenuhnya bisa digunakan , contohnya : menurut Perkin, anjing trah Golden Retriever termasuk anjing trah medium dengan minimal umur kawin 14 bulan. Padahal , trah ini pada umur 14 bulan belum menyelesaikan masa pertumbuhannya. Untuk dog show, trah Golden Retriever umur 14 bulan masih masuk pada kelas remaja. Apakah anjing remaja akan dapat hamil dan menghasilkan keturunan dengan baik?.

Jadi, bagaimana menentukan umur yang tepat agar anjing dapat dikawinkan tanpa mengganggu pertumbuhannya? . Untuk trah kecil dengan ukuran berat badan sampai 10 Kg, minimal usia kawin yang baik adalah pada umur 1,5 tahun atau pada saat anjing mendapat loops (haid) yang ketiga. Trah sedang (medium) dengan berat badan antara 10Kg-25 Kg, minimal usia kawin yang baik adalah pada umur 2 tahun atau pada saat anjing mendapat loops yang keempat. Sedangkan untuk trah besar (large) dengan berat badan diatas 25 Kg, sebaiknya dikawinkan dengan usia minimal 3 tahun.

Penentuan usia breeding diatas dengan mempertimbangkan faktor masa pertumbuhan dan faktor phisiologis sang anjing.

Pemeriksaan Silsilah, Penyakit, dan Anatomi

Sebaiknya, pemilik anjing betina sudah mencari pejantan yang cocok untuk anjing betinannya jauh hari sebelum masa loops tiba. Periksa dan selidiki apakah ada pemacakan terdekat. Contoh pemacakan terdekat: paman dengan keponakan, kakek dengan cucu . Pemacakan terdekat disebut juga inbreeding atau inline breeding. Inbreeding dan inline breeding biasanya dilakukan oleh breeder yang berpengalaman . Breeder yang ingin melakukan pemacakan terdekat harus mengetahui sejarah penyakit atau kekurangan pada 4 generasi sebelumnya. Jika ternyata diketahui pada salah satu generasi ada anjing yang mempunyai penyakit menurun atau kesalahan anatomi yang serius sebaiknya jangan dilakukan perkawinan karena resiko mendapat penyakit dan kesalahan anatomi pada anaknya menjadi double. Pemeriksaan seperti diatas juga harus dilakukan pada perkawinan outcross (perkawinan tanpa pemacakan terdekat)

Waktu Yang Tepat Untuk Pemacakan

Menurut teori kedokteran, waktu yang tepat untuk pemacakan adalah pada hari ke 9 sampai ke 14 dari hari pertama masa loops. Teori ini dapat digunakan jika hari pertama anjing betina loops benar-benar dapat diketahui oleh sang pemilik. Tidak semua anjing betina dapat dideteksi hari pertama loopsnya. Alat kelamin anjing betina akan mengalami pembengkakan dan mengeluarkan darah pada saat anjing mengalami loops atau menstruasi. Adakalanya anjing betina yang sedang loops tidak mengeluarkan darah pada hari pertama tetapi alat kelaminnya mengalami pembengkakan terlebih dahulu. Ada juga, anjing betina yang sedang loops hanya mengeluarkan darah sedikit saja sehingga darah tidak ada yang menetes dari alat kelaminnya.

Bagaimana menetapkan waktu yang tepat untuk pemacakan jika kita tidak mengetahui hari pertama anjing tersebut mulai loops?.

Pertama, anda dapat membawa anjing betina tersebut ke dokter hewan untuk diambil cairan darah yang keluar dari alat kelaminnya untuk diperiksa dibawah mikroskop. Seorang dokter hewan yang berpengalaman dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk pemacakan atau masa subur dari sample darah yng diambil.

Kedua, anda dapat mengetahui kapan anjing betina anda mulai subur atau siap dikawinkan dengan melihat perilaku dari anjing tersebut. Anjing betina yang sudah masuk masa subur akan selalu menyodorkan tubuh bagian belakangnya untuk anda belai. Anda dapat juga mencolek bagian tubuh sekitar alat kelaminnya. Jika masa subur sudah tiba, anjing betina akan melipat ekornya kebagian samping kiri atau kanan. Hali ini dilakukan agar anjing jantan dapat mudah melakukan perkawinan (penetrasi).

Ketiga, gunakan anjing jantan untuk mengetahui apakah anjing betina anda sudah siap dipacak. Jika masa subur sudah tiba, biasanya anjing jantan akan lebih giat lagi untuk mendekati anjing betina. Anjing betina pun akan lebih jinak jika didekati dan di”naiki” oleh anjing jantan. Hanya saja, hati-hati dan harus dengan pengawasan ketat jangan sampai terjadi perkawinan jika anda menggunakan cara ini tapi anda tidak mau anjing betina anda kawin dengan anjing jantan yang hanya digunakan sebagai media test.

Prosedur Perkawinan/Pemacakan

Jika anda menyewa pejantan milik orang lain, sebaiknya anda membuat perjanjian terlebih dahulu dengan pemilik anjing jantan. Tentukan bersama-sama , dengan apakah anda membayar jasa pejantan . Ada dua alternatif untuk membayar jasa pejantan.

Pertama, sistem Neskeus yaitu pembayaran dengan cara pemilik anjing jantan akan mengambil anakan yang dihasilkan dari hasil perkawinan. Jumlah anakan yang diambil tergantung dari perjanjian, biasanya pemilik anjing jantan mengambil satu ekor anakan dan pemilik jantan berhak memilih terlebih dahulu. Anda juga harus membuat perjanjian apa yang akan dilakukan jika ternyata anjing betina anda hanya menghasilkan satu ekor anakan saja. Biasanya jika anakan yang dihasilkan hanya satu ekor, anjing tersebut adalah hak dari pemilik anjing jantan. Tetapi ada juga cara lain yaitu dibagi dua. Anakan tersebut dijual dan uangnya dibagi dua atau jika salah satu ingin memiliki anakan anjing tersebut, si pengambil anakan harus membayar separuh dari harga anakan tersebut menurut harga pasaran.

Kedua, sistem Deck Hell yaitu pembayaran dengan sejumlah uang yang disepakati. Biasanya cara ini lebih banyak digunakan karena lebih tidak beresiko terjadinya perselisihan antar kedua pemilik anjing. Jika menggunakan sistem ini, pemilik betina berhak penuh atas anakan yang dihasilkan. Pemilik anjing jantan harus mengisi dan mengirim formulir lapor pacak dalam waktu 7 hari setelah pemacakan pertama.

Proses Pemacakan

Perkawinan biasanya dilakukan 2 kali dengan jarak satu hari . Perkawinan harus dilakukan di rumah sang pemilik anjing jantan . Jika perlu, moncong anjing betina diikat agar tidak menggigit waktu terjadi penetrasi. Jika kedua pemilik anjing belum pernah atau belum berpengalaman dalam hal mengawinkan anjing sebaiknya menggunakan jasa pawang anjing. Pawang anjing yang sudah berpengalaman mengetahui taktik-taktik agar perkawinan dapat dengan mudah dilaksanakan.

Perawatan Anjing Betina Setelah Pemacakan

Masa kehamilan pada anjing berlangsung antara 55 hari-65 hari. Anjing betina yang sudah dikawinkan sebaiknya dijaga dengan benar untuk menghindari terjadinya stress. Stress dapat mengagalkan terjadinya kehamilan atau mengganggu kehamilan tersebut. Berikut hal yang harus dilakukan selama masa kehamilan:

1. 3 minggu pertama berikan ia multi vitamin.

2. 3 Minggu selanjutnya anjing betina diberi tambahan calsium.

3. Setelah 6 minggu, pemberian calsium dihentikan dan dilanjutkan lagi dengan multi vitamin.

4. Beri porsi makanan tambahan setelah anjing terdeteksi positif hamil.

Bagaimana Mendeteksi Kehamilan Pada Anjing?

Anjing yang sudah dikawinkan akan memperlihatkan tanda-tanda kehamilan pada 1 bulan atau 4 minggu setelah pemacakan. Perhatikan warna puting susu , jika berwarna kemerahan berarti anjing tersebut hamil. Untuk lebih mendapatkan hasil yang tepat, bawa anjing anda ke klinik hewan untuk mendapatkan pemeriksaan USG.

Anjing betina yang sedang hamil kadang menunjukan tingkah laku yang lebih tenang atau malas. Anjing akan sering tidur, nafsu makan menurun pada 1 atau 2 minggu pertama dan kadang disertai muntah. Anjing yang hamil harus dijaga nafsu makannya agar selera makannya selalu tinggi. Kadang ditemukan kasus anjing betina yang sedang hamil mogok makan atau selera makannya rendah sampai ia melahirkan. Jika anjing betina anda seperti ini, anda harus menyediakan waktu untuk menyuapi bahkan mencekokkan makanan agar ketersediaan nutrisi untuk janin selalu terjaga.

Tanda-Tanda Anjing Akan Melahirkan

Anjing betina yang akan melahirkan biasanya akan memperlihatkan tanda-tanda sebagai berikut: anjing akan mencari tempat untuk melahirkan , biasanya anjing lebih suka ditempat yang tidak terlihat seperti dikolong meja atau disudut ruangan. Semakin mendekati masa melahirkan, anjing akan melakukan gerakan seperti menggali tanah dan akan lebih sering bila waktunya semakin dekat. Anda dapat membantunya dengan memberikan tempat melahirkan seperti kardus, dan berikan beberapa helai kertas koran atau handuk. Biasanya, 6 sampai 12 jam sebelum melahirkan anjing akan bernafas dengan cepat,dan suhu tubuh menurun.

Proses Melahirkan

Anjing akan mengeluarkan cairan yang gunanya untuk memperlancar jalannya janin. Jika 6 jam sesudah cairan keluar belum ada tanda-tanda janin akan dilahirkan sebaiknya anda menghubungi dokter hewan langganan anda. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat artikel “Proses Kelahiran “ yang terdapat di situs AnjingKita.com berikut foto-fotonya.

Perawatan Induk Setelah Melahirkan

Anjing yang sudah melahirkan sebaiknya diberi suntikan antibiotik oleh seorang dokter hewan paling lama 24 jam setelah melahirkan. Suntikan ini juga berguna untuk membersihkan rahim dari darah kotor dan sisa placenta. Jika anakan yang dilahirkan banyak, sebaiknya anda juga meminta kepada dokter hewan untuk memberikan suntikan kalsium . Suntikan kalsium sangat berguna untuk mencegah anjing menyusui mengalami kejang-kejang akibat kekurangan kalsium.

Sebaiknya, persediaan makanan dan minum harus selalu ada karena anjing betina yang sedang menyusui sangat membutuhkan nutrisi yang banyak guna memproduksi air susu. Jika selera nafsu makan anjing anda tidak tinggi, sebaiknya diberi makanan yang berkuah dan ditambahkan sedikit garam untuk memberi rasa. Selain memberi rasa, garam juga membuat anjing mudah haus sehingga anjing akan banyak minum sehingga persediaan cairan pada tubuh anjing selalu ada guna memproduksi air susu.

Anjing juga perlu diberi tambahan multi vitamin, dan kalsium yang diberikan secara oral. Jika perlu, anjing diberi vitamin untuk memperlancar dan memperbanyak air susu.

Dalam waktu 7 hari setelah anjing melahirkan, anda harus mengisi formulir lapor kelahiran dan formulir permohonan sepenganakan lalu menyerahkan ke Perkin setempat.

Perawatan Anakan

Anakan anjing yang baru dilahirkan harus ditempatkan ditempat yang terlindung, berikan lampu untuk menghangatkan tubuh mereka. Untuk alas, anda dapat menggunakan handuk atau sobekan kertas koran.

Umur 0-3 minggu : Anda tidak perlu memberi makanan tambahan jika persediaan air susu sang induk mencukupi. Untuk urusan kebersihanpun anda tidak perlu khawatir karena sang induk akan selalu membersihkan. Hanya saja anda jangan kaget jika anda melihat sang induk sedang menjilati kotoran anak-anaknya. Induk akan memakan kotoran anak-anaknya sampai mereka mendapat makanan tambahan, tetapi ada juga anjing induk yang keterusan mengkonsumsi kotoran anaknya sampai usia 2-3 bulan.

Umur 3 minggu selanjutnya : Mulai umur 3 minggu anda dapat memberi makanan tambahan berupa bubur susu bayi (produk untuk manusia) selama 1-2 minggu. Setelah itu, anda dapat mencampurkan dengan dogfood yang telah dilunakkan. Pemberian makanan sebanyak 4 kali sehari. Jangan biarkan anakan makan hingga perut mereka buncit. Pada umur 3 minggu, sebaiknya anakan sudah diberi obat cacing. Vaksinasi diberikan setelah mereka berumur 5-6 minggu. Penatoan dapat dilakukan pada umur 6 minggu.

No comments:

Post a Comment