Minggu, 07 Februari 2010

Minyak Kelapa Murni Untuk Anjing

Minyak kelapa murni atau yang dikenal dengan Virgin Coconut oil (VCO) sedang hangat dibicarakan didunia kesehatan. VCO yang sebelumnya dituduh sebagai penyebab penyakit jantung atau kolesterol ternyata malah dapat menyembuhkan dan mencegah penyakit-penyakit tersebut. VCO memang mengandung lemak jenuh yang sering menyebabkan serangan jantung dan penyakit lainnya tetapi lemak jenuh yang dikandung VCO adalah lemak jenuh yang berantai sedang (medium chain fatty acid alias MCFA) . Lemak jenuh berantai sedang inilah yang membantu kesehatan tubuh.

Minyak yang dikenal dengan nama Laurifera ini, ternyata telah diteliti semenjak tahun 60-an lalu. Dimulai oleh seorang peneliti dari Universitas Michigan bernama Prof. Jon J. Kabara, akhirnya beberapa tahun kemudian beberapa ilmuwan yang membantunya dapat menunjukkan manfaat kesehatan atas kandungan minyak tersebut.

Jika penelitian mengatakan bahwa minyak ini sangat baik untuk manusia , tidak ada salahnya untuk diberikan kepada anjing kesayangan kita . Selain berkhasiat untuk kesehatan, VCO juga berfungsi untuk memperbaiki keindahan dan kesehatan bulu dan kulit. Karena ternyata minyak ini mengandung vitamin E, serta memiliki efek pelembab, yang mampu melembutkan dan melembabkan kulit.

Beberapa alasan untuk memberikan VCO pada anjing :

  1. Mematikan berbagai virus yang menyebabkan mononucleosis, influenza, hepatitis C, cacar air, herpes dan penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus.

  2. Mematikan berbagai bakteri penyebab pneumonia, sakit telinga, infeksi tenggorokan dan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

  3. Membebaskan tubuh dari serangan cacing pita , lice, giardia dan parasit lainnya.

  4. Fungsi pencernaan dan penyerapan vitamin, dan protein menjadi lebih sempurna

  5. Mengandung lauric acid yang tinggi (sampai 53%) yang mempunyai antiviral activiy yang lebih besar daripada caprylic acid (dengan delapan karbon), capric acid (sepuluh karbon), atau myristic acid (dengan 14 karbon). Didalam tubuh lauric acid akan diubah menjadi monolaurin, sebuah senyawa monoglyceride yang bersifat antivirus, antibakteri, dan antiprotozoa. Dengan sifatnya itu, monolaurin dapat menanggulangi serangan virus-virus seperti HIV, herpes simplex virus-1 (HSV-1), vesicular stomatitis virus (VSV), visna virus, cytomegalovirus (CMV), influenza, dan berbagai bakteri patogen termasuk listeria monocytogenes dan helicobacter pyloryd, serta protozoa seperti giadia lamblia.

  6. Selain mengandung lauric acid, minyak kelapa Virgin juga mengandung capric acid yang, walaupun kandungannya cuma enam persen, juga bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam tubuh , lemak berantai sedang yang jumlah karbonnya sepuluh ini diubah menjadi monocaprin, yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit seksual, seperti virus HSV-2 dan HIV-1, dan bakteri neisseria gonorrhoeae.

  7. Lemak jenuh berantai sedang yang terkandung dalam minyak kelapa Virgin juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Obesitas telah menjadi masalah kesehatan bagi anjing-anjing yang kegemukan.

  8. VCO akan memperkuat metabolisme tubuh. Jika metabilisme tubuh tinggi maka anjing dapat memiliki daya tahan yang kuat terhadap berbagai penyakit.

  9. Lemak jenuh yang berantai sedang mempunyai sifat unik, yaitu bahwa dia tidak membutuhkan enzim untuk menembus dinding mitokondria sehingga dapat menghasilkan energi dengan cepat dan efisien. Itulah sebabnya ada orang mengatakan, mengonsumsi MCFA mirip dengan mengisi kendaraan dengan bahan bakar yang beroktan tinggi. Dikarenakan MCFA mudah diserap ke dalam sel kemudian ke dalam mitokondria, metabolisme pun meningkat. Penambahan energi yang dihasilkan oleh metabolisme itu menghasilkan efek stimulasi dalam seluruh tubuh. Anjing-anjing pekerja atau anjing pameran akan memiliki stamina yang baik . Tubuh tidak hanya mempunyai energi lebih besar, tetapi juga mempunyai daya tahan lebih lama.

  10. Manfaat lain seiring dengan peningkatan metabolisme itu misalnya, peningkatan daya tahan terhadap penyakit dan percepatan penyembuhan dari sakit. Dengan peningkatan metabolisme, sel-sel bekerja lebih efisien. Mereka membentuk sel-sel baru serta mengganti sel-sel yang rusak dengan lebih cepat.

  11. MCFA dalam minyak kelapa berfungsi melindungi janin dari serangan virus dan mikroorganisme lain. Ini sangat bermanfaat untuk kehamilan muda. Sementara pada kehamilan tua, MCFA diubah menjadi energi yang sangat dibutuhkan saat melahirkan, sekaligus meningkatkan kuantitas dan kualitas air susu ibu.

  12. Mengkonsumsi VCO dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi indukan anjing yang sedang hamil dan menyusui. Minyak kelapa murni dapat meningkatkan MCFA pada induk menyusui sampai tiga kali lipat. Pemberian asupan makanan yang mengandung MCFA pada induk menyusui akan menghasilkan susu yang kaya akan MCFA.

  13. Minyak kelapa murni dapat membantu dalam proses persalinan dan mampu memberi energi sehingga induk mempunyai tenaga yang lebih besar. Minyak kelapa murni juga mampu mengembalikan kebugaran induk secara cepat setelah persalinan.

  14. Beberapa manfaat MCFA dalam minyak kelapa murni bagi anakan anjing : memudahkan bayi menyerap nutrisi yang dibutuhkan, Meningkatkan absorbsi kalsium yang penting bagi pertumbuhan anakan, dan melindungi anakan dari mikroorganisme berbahaya.

  15. VCO dapat memperbaiki dan mengganti sel-sel kulit yang mati. Pada penduduk Indonesia bagian timur , minyak kelapa sering digunakan untuk rambut. Rambut akan lebih sehat, berkilau dan memiliki akar lebih kuat. Pada anjing yang sedang mengidap penyakit kulit, minyak kelapa murni (VCO) dapat dibalurkan pada bagian yang terkena penyakit kulit untuk membunuh bakteri dan jamur. Minyak kelapa murni ternyata sudah dipakai oleh produsen shampoo untuk pembuatan kondisioner . Minyak kelapa murni dioleskan di permukaan kulit yang rontok bulunya sambil dipijat beberapa saat akan menumbuhkan bulu pada kulit yang terserang jamur.

  16. VCO dapat ditambahkan pada makanan / dog food sebagai nutrisi bulu dan kulit karena mengandung Linoleat sebanyak 1.73%.

  17. Minyak kelapa murni mudah didapat dipasaran dengan harga yang relatif murah. Minya kelapa murni juga tahan untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama (biasanya dapat bertahan hingga 4 tahun). Harga cenderung akan menurun karena sumber baku utama pembuatan minyak ini mudah didapat dan proses pembuatannya tidak memakai bahan bakar minyak.

Kandungan VCO :

- Lauric Acid 52,34%.

- Caprylic Acid 10,90 %.

- Myristic Acid 16,06 %.

- Capric Acid 7,71 %.

- Palmitic Acid 6,04 %.

- Linoleat 1,73 %.

- Stearic Acid 4,60 %.

Dosis pemberian untuk anjing adalah 1 sendok makan 2 kali perhari. VCO bentuk cair dapat dicampur langsung pada makanan.

Selain tersedia dalam bentuk minyak, VCO juga sudah tersedia dalam bentuk kapsul lunak sehingga memudahkan pemberian makan pada anjing dang mudah untuk dibawa. VCO yang dijual dipasaran tersedia dalam berbagai merek. Pada intinya, isi kandungan VCO semuanya sama walaupun mereknya berbeda. Yang membedakan adalah cara memperoduksinya , ada yang sudah menggunakan mesin dengan teknologi mutakhir dan ada yang masih secara tradisional. VCO yang baik tidak berbau apek atau tengik. VCO yang baik memiliki aroma daging kelapa yang segar dan tidak berwarna . Selamat mencoba.

Sumber artikel : Dari berbagai sumber penelitian, majalah Trubus, situs resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) www.kimia.lipi.go.id dan situs-situs lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar