Sabtu, 13 Februari 2010

Leonidas dan pertempuran thermophylae, 300sparta

Leonidas


Tulisan Yunani: Λεωνίδας; "anak Lion" adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiad, salah seorang anak dari Raja Anaxandridas II dari sparta, yang dipercayai sebagai keturunan dari Heracles karena kekuatan dan keberaniannya. Tanggal lahir Raja Leonidas tidak diketahui, namun ia diperkirakan meninggal di Pertempuran Thermopylae pada bulan Agustus, 480 SM.

Leonidas merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Dorieus dan adiknya bernama Cleombrotus, yang sempat memimpin kekuasaan selama beberapa saat setelah kematian Leonidas, sebelum akhirnya digantikan oleh Paunsanias, anak Cleombrotus.

Leonidas naik tahta menggantikan Cleomenes I, sehintar tahun 489 atau 488 SM. Ia menikah dengan anak Cleomenes, Gorgo. Namanya menjadi terkenal akibat perannya di pertempuran Thermopylae.


monumen leonidas

Pertempuran Thermopylae


Orang-orang Sparta yang terkenal paling pemberani dipimpin oleh Leonidas menempatkan diri di Thermopylae. Tempat ini begitu strategis untuk dipertahankan karena jalan satu-satunya bagi tentara Persia untuk menaklukkan Sparta. Secara taktis, Thermopylae perlu dipertahankan supaya tentara darat Yunani memiliki waktu untuk berkumpul dan menyerang balik. Juga untuk melindungi angkatan laut Yunani dari serangan darat pada pangkalan laut di Artemisium.

Thermopylae yang berarti "Hot Gate", mengacu pada pemandian air panas di dekat sebuah desa adalah sebuah jalan pantai sempit yang hanya bisa dilalui satu kereta setiap waktunya. Di sini, Yunani telah membuat sebuah tembok pertahanan. Di sini pulalah harapan seluruh penduduk Yunani bergantung. Pada patriotisme 300 orang Sparta untuk melawan 1 juta tentara darat Persia.

Banyak orang yang mengira bahwa pahlawan dalam pertempuran ini adalah Leonidas dan 300 pasukannya (lebih ke pasukan pengawal pribadi Leonidas). Tetapi sebenarnya jumlah pasukan Yunani yang mengikuti pertempuran adalah mencapai 7000 pasukan, yang terdiri dari :

1. 300 Sparta plus Leonidas (300 ini sebenarnya bukan pasukan reguler Sparta, tetapi lebih kepada pasukan pengawal pribadi Leonidas);

2. 700 Thespiae;

3. 6000 aliansi Yunani Lainnya.


lokasi pertempuran sekarang

update


ada yang nanya "beneran gak dilempar ke srigala?"

menurut film 300 seorang sparta di lepas ke alam liar sejak umr 6-7 tahun dan kembali pada umur belasan tahun , keinginan Leonidas sendirilah yang ingin dilepas di alam liar lebih lama dan kembali kepada rakyatnya menjadi seorang "Spartan"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar