Minggu, 14 Februari 2010

Hindari Paparan Radiasi Dari Ponsel

Di era modern seperti ini siapa sih yang tak membutuhkan ponsel. Namun sejalan dengan kemudahan yang dibuat teknologi tentu saja membawa dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan. Radiasi yang diakibatkan ponsel dapat mempengaruhi kesehatan. Tapi bukan berarti Anda harus berhenti menggunakan sarana telekomunikasi ini. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari bahaya radiasi ponsel ini. Coba simak yang kami sugguhkan ini.

1. Beli lah ponsel dengan yang rendah radiasi. Jika Anda membeli ponsel jenis ini periksalah ratingnya di website pecinta lingkungan.

2. Gunakan headset atau speaker. Cara ini sebenarnya berfungsi untuk menjauhkan ponsel dari tubuh Anda sehingga Anda lebih sedikit terkena efek radiasinya. Para ahli sampai saat ini masih belum bisa menemukan apa pakai headset lebih baik atau tidak, tapi kebanyakan orang berpendapat kalau cara ini lebih baik dari pada mendekatkan telepon di telinga.

3. Jadilah pendengar. Ponsel memancarkan radiasi saat Anda mengirim SMS atau melakukan panggilan telepon, tapi tidak saat menerima pesan.

4. Jangan gunakan penutup antena atau penutup keypad. Barang-barang ini menghalangi sinyal, yang malah merusak ponsel Anda.

5. Pakai SMS. Bicara di telepon membuat sinyal lebih kuat, sebaliknya mengirim SMS memberikan lebih sedikit radiasi.

6. Biasakan meletakkan ponsel jauh-jauh dari tubuh Anda. Bahkan saat sedang melakukan SMS atau bicara di ponsel, usahakan meletakkannya jauh-jauh. Semakin jauh jaraknya = semakin kecil terkena radiasi.

7. Kotak pelindung radiasi untuk ponsel. Beli lah kotak ini, yang berguna untuk mencegah paparan radiasi saat ponsel diletakkan di saku atau tempat ponsel di ikat pinggang. Alat ini juga memiliki pengacak antena radiasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar