Minggu, 07 Februari 2010

Anjing Makan Kotoran / Feces (Coprophagia)

Artikel ditulis oleh Bobby Sant

Aduh!!!, pusing deh lihat anjing kesayangan kita habis buang air besar lalu dia makan fecesnya atau anjing kesayangan kita suka sekali makan feces yang dia temukan. Banyak faktor penyebab yang menyebabkan anjing suka makan feces.

Faktor pertama

Anjing kekurangan zat kalsium dan fosfor, anjing yang kekurangan zat tersebut biaanya akan memakan fecesnya sendiri. Solusinya : konsultasikan ke Dokter hewan untuk meminta petunjuk dosis pemakaian vitamin untuk anjing ini.

Faktor kedua

Anjing trah Retriever seperti Golden Retriever, Labrador Retriever, Flat Coat Retriever dan sejenisnya mempunyai hobby untuk membawa sesuatu di mulutnya . Solusinya : ajak dia bermain seperti lempar bola, atau beri dia mainan seperti Koran yang digulung atau tongkat untuk dia bermain .

Faktor ketiga

Ada kandungan bakteri di pencernaan anjing sehingga anjing tidak bisa mencerna makanannya dengan baik. Sehingga anjing terus merasa lapar.Solusinya : Berikan dia yoghurt (susu asam) yang mengandung bakteri “baik” untuk melawan bakteri “jahat” yang ada di pencernaannya. Sesekali , berikan di buah nanas konon buah nanas dapat membantu anjing untuk tidak makan fecesnya.

Faktor keempat

Makanannya (dogfood) tidak cocok sehingga tidak tercerna dengan baik. Kotoran yang keluar masih memiliki aroma yang sama dengan makanannya. Apalagi anjing kesayangan kita nafsu makannya besar sekali, pasti langsung disantap fecesnya. Solusinya : Ganti dogfoodnya dengan merek lain.

Faktor kelima

Selera makan anjing terlalu besar, biasanya terjadi pada anjing yang bermoncong tebal dan pendek seperti Golden Retriever, Labrador, Pug, Bulldog. Solusinya : Selalu siap memungut feces begitu anjing buang air besar. Tambahkan bawang putih secukupnya pada makanannya untuk menghindarkan anjing makan fecesnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar