Sabtu, 13 Februari 2010

Manfaat Kopi

hmm....

Untuk pembicaraan kali ini, mari kita bicarakantentang kopi.
Di jaman sekarang ini, siapa yang tidak mengenal kopi? Semua orang pasti sudah mengetahuinya, bahkan anak-anak pun pasti tahu karena sudah banyak iklan tentang kopi di siaran TV.

Nah, kali ini mari kita cari tahu tentang apa saja manfaat dari kopi.

Kopi mengandung zat kafein. seperti yang kita tahu bahwa kafein merupakan senyawa alkoloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kafein dalam kopi adalah 1-1.5%, sedangkan pada teh 1-4.8%
Kafein ini bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel saraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.

Nah, berikut manfaat kopi.....

Kandungan kafein dalam kopi memiliki peran untuk menyaingi kerja adenosin. Adenosin merupakan swnyawa dalam otak yang membuat orang cepat tidur. Jadi, kafein bisa membuat orang melupakan rasa kantuknya karena kafein melawan kerja senyawa tersebut dan membuat hati mengalirkan gula ke dalam darah yang bisa memberikan energi extra. Membuat di peminum menjadi bersemangat, konsentrasi meningkat, dan otot-otot berkontraksi. oleh karena itu, banyak minuman berenergi memiliki kandungan kafein di dalamnya.
Kopi juga memiliki kemungkinan dapat menjaga daya ingat. Kafein membantu mengurangi kadar satu jenis protein yang disebut beta amyloid. Akumulasi protein ini disinyalir berperan dalam proses terjadinya penyakit alzheimer maupun penurunan daya ingat alias kepikunan. Namun, saat ini hanya kaum wanita saja yang dapat menikmati manfaat ini, berdasarkan penelitian tentang kopi di Perancis. Selain iut, kopi juga mengurangi resiko pengeroposan tulang pada wanita.
Kopi juga bisa mengurangi rasa sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic, migrain dalam skala ringan dapat diobati dengan meminum kopi pekat atau black tea.
Kafein dalam kopi juga memiliki kelebihan yang dapat memberantas bakteri penyebab gigi berlubang. Oleh karenanya, cobalah untuk meminum kopi atau teh hangat di pagi hari.

Oke, itu tadi merupakan sedikit ulasan tentang manfaat kopi yang telah diteliti sampai saat ini.
Ada baiknya juga bagi Anda untuk secara rutin meminum kopi setiap pagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar