Rabu, 03 Februari 2010

Mahluk-Mahluk dalam Mitologi dunia

ACHEPALI

Achepali adalah mahluk yang begitu menyerupai manusia, dengan tubuh, kaki dan tangan yang sama persis, namun satu hal yang membedakannya, wajahnya yang terletak bukan dikepala, karena Achepali tidak memiliki kepala, maka wajah itu menempel pada tubuhnya, di tengah-tengah antara dada dan perut.
Achepali juga mempunyai nama lainnya, yaitu Blemmys, yang berasal dari bahasa latin Blemmyae, adalah mahluk legendaris yang hidup di daratan Afrika, Nubia, Kush atau Ethiopia, dan umumnya ada di bagian selatan Mesir.
Mereka dipercaya sebagai Achepalous, mahluk tanpa kepala. Ahli alam Romawi Pliny menuliskan tentang Achepali, ‘Traduntur capita abesse, ore et oculis pectore adfixis’ yang artinya adalah blemmyes tidak memiliki kepala, dan mulut serta matanya berada di dada. Acephali sebelumnya adalah manusia, tapi mereka tidak patuh dan melawan kepada dewa-dewa dan itu membuat dewa-dewa menjadi marah, menghukum mereka dengan mengenyahkan kepalanya.

Beberapa penulis memperoleh cerita tentang Achepali bahwa, kepala mereka tersembunyi diantara bahunya. Samuel bochart mendapat arti kata untuk mendeskripsikan Achepali dari dua pengertian orang Yahudi, satu berarti negosiasi, arti lainnya adalah otak (pikiran), yang berarti Achepali adalah orang tanpa otak (pikiran). Dijelaskan dalam sejarah kerajaan terakhir bangsa romawi Achepali adalah suku Nubian pengembara. Pada akhir abad ke tiga, bersamaan dengan suku bangsa lainnya, Nobadae, berulang kali menyerang bangsa Romawi. Faktanya, Achepali memiliki bahasa Arab kuno dan wilayah cakupan mereka dekat dengan Meroe sampai ke Aswan di abad pertama sampai kedua masehi. Namun Ahli ilmu bumi (geografi) Yunani, Strabo, mendeskripsikan Achepali sebagai masyarakat yang suka hidup dengan damai.



AFRIT

Afrit adalah salah jenis Jin yang sangat kuat, seperti semua Jin yang berasal dari negeri Arab, mereka bisa berubah menjadi seperti apapun yang mereka inginkan, dan Afrit juga salah satu jenis Jin yang kejam. Mereka lebih sering berubah menjadi raksasa atau mahluk-mahluk yang mengerikan, kekuatan yang besar membuatnya dengan mudah melaksanakan tugas-tugas dari Tuannya.

Ada beberapa naskah dan tulisan tentang Afrit, salah satunya menuliskan.
Dan Afrit salah satu yang terkuat dari bangsa jin mengatakan: “Aku akan membawakannya kepadamu sebelum kamu bangun dari dudukmu, dan bahwa sesungguhnya, aku begitu kuat, bisa dipercaya untuk pekerjaan apapun.”
“Aku akan mewujudkan perintah anda dalam sekejap mata.”
sang afrit berkata kepada Salomon“Ini adalah bentuk keanggunan untuk tuanku, untuk menilaiku bahwa apakah aku berterimakasih atau tidak, dan siapapun yg berterima kasih,sungguh, rasa terima kasih itu untuk kebaikannya sendiri, dan siapapun yang tidak berterimakasih, akan berdampak buruk bagi dirinya sendiri.tentu saja tuanku begitu kaya dan selalu melimpah.”



AIGAMUXA

Aigamuxa adalah salah satu mahluk pemangsa manusia, mahluk padang pasir yang sebagian besar rupanya seperti manusia, kecuali matanya yang terletak di kakinya, di bagian kura-kura pada tepatnya, mereka banyak berasal dari suku Hottentot di Afrika, mereka memangsa manusia hidup-hidup, memburu mereka dan biasanya bertindak sangat kejam.
Namun mahluk ini tidak begitu sulit untuk dikalahkan , karena Aigamuxa harus menurunkan kedua tangannya dan menaikan salah satu kakinya untuk melihat mangsanya, ini suatu masalah besar bagi mereka, karena mereka harus menutup mata ketika berlari. Beberapa sumber mengatakan mahluk ini sangat menyerupai ogre. Aigamuxa bisa juga disebut aigamuchab untuk nama lainnya.

Aigamuxa adalah salah satu Mitos atau cerita rakyat yang beredar mulai dari daratan Afrika, mahluk ini sering digambarkan humanoid oleh beberapa sumber, dengan satu kepala, satu tubuh, dua kaki dan dua tangan, hanya saja, mereka begitu kasar dan bertaring, selain kesalahan untuk kedua matanya yang berada dikaki, bukannya dikepala mereka.


BASILISK

Basilisk adalah mahluk yang benar-benar menakutkan. Mereka digambarkan sebagai ular besar dan kuno dengan penyengat di buntut mereka. Cerita lainnya mengatakan bahwa mereka berkepala ayam dengan tubuh besar reptil. Napas dan pandangan basilisk sangat mematikan, kekuatan bukan hanya untuk membunuh binatang dan tumbuhan yang bersentuhan dengannya, namun mampu membelah bebatuan dengan mudah. mahluk yang kebal terhadap tatapan basilisk adalah musang, yang juga mampu melukai Basilisk, selain ayam jantan.
Salah satu cara yang diketahui untuk membunuh Basilisk dengan selamat adalah membuatnya bercermin dan memandang bayangannya sendiri. Basilisk lahir melalui proses peneluran oleh ayam dan dikerami oleh seekor katak.
Nama Basilisk berasal dari bahasa Yunani Basiliskos, yang berarti “raja kecil”, bangsa Mesir menamai Basilisk dengan sebutan Ou.

Dalam legenda eropa dan kumpulan cerita tentang binatang, Basilisk adalah reptil legendaris yang dianggap menjadi raja ular dan dikatakan mempunyai kekuatan yang menyebabkan kematian seketika, atau sekali tatap. Menurut Pliny ahli Alam Romawi, Basilisk adalah ular kecil yang sangat beracun, meninggalkan jejak mautnya yang begitu beracun, begitu juga dengan tatapannya yang mematikan. Basilisk juga nama dari jenis kadal kecil, family dari Corytophanidae, Basilisk hijau, yang biasa disebut Plumed Basilisk, adalah kadal yang bisa lari melewati permukaan air.
Ada tiga deskripsi untuk menggambarkan Basilisk yaitu, kadal besar penuh racun, ular raksasa, dan ayam jantan setinggi tiga kaki dengan ekor serta gigi ular.


CERBERUS

Dalam mitos Yunani, Cerberus atau Kerberos adalah anjing penjaga gerbang neraka atau Akhirat, monster anjing dengan tiga kepala dan ekor ular yang bertengger seperti bulu tengkuknya, termasuk salah satu penjaga gerbang itu selain saudaranya Orthrus, anjing dengan dua kepala.

Cerberus menjaga dan memastikan roh orang-orang mati bisa masuk melewati gerbang namun tidak ada yang bisa keluar. Tidak ada manusia hidup yang bisa memasuki gerbang itu.
Dalam beberapa cerita Cerberus beberapa kali berhadapan dengan dewa-dewa atau mahluk gaib.Herakles dalam tugas terakhirnya menangkap Cerberus, dengan cara bertarung dengannya.Orpheus menggunakan keahlian musiknya untuk membuat Cerberus tertidur. Hermes membuatnya tertidur dengan air dari sungai Lethe. Dalam mitologi Romawi, Sybil dari Cumae membuat tidur Cerberus dengan kue madu yang memabukkan untuk dapat masuk ke akhirat.


CHIMAERA

Chimaera adalah mahluk yang sangat menakutkan, dengan singa dibagian depan, kambing di bagian tengah dan naga dibagian belakang, serta kepala dari masing-masing mahluk itu. Chimaera mampu menyemburkan api dari mulutnya, dan napasnya menguap seperti asap gunung berapi, mahluk ini hidup di gunung Lycia di Yunani dan disebagian kecil gunung-gunung asia kecil sebelum dibinasakan oleh pahlawan Bellerophon.
Dalam mitos Yunani, Chimera (Chimaira atau Chimaera) adalah mahluk yang tercipta dari beberapa bagian hewan, Chimaera adalah salah satu keturunan dari Typhoon dan Echidna.

Gambaran singkat Homer dalam Iliad, “mahluk abadi, tidak manusiawi, didepannya adalah seekor singa dan dibelakangnya adalah ular dengan kambing ditengah-tengahnya, dengusan napasnya adalah api terang yang mengerikan.”
Chimaera biasanya berjenis kelamin perempuan. Chimaera bisa meramalkan terjadinya badai, kecelakaan kapal dan bencana alam (biasanya gunung meletus).
Disamping itu ada beberapa catatan lain tentang saudara-saudara Chimaera, salah satu versi mengatakan bahwa chimaera memiliki saudara kandung yaitu Orthrus, anjing berkepala dua, Cerberus, anjing berkepala tiga, Hydra dan Sphinx.
Pada akhirnya chimaera dikalahkan oleh Bellerophon, dengan bantuan Pegasus, dalam perintah raja Lobates dari Lycia, ketika Pegasus terbang Bellerophon memanah chimaera dari atas, selamat dari serangan kepala-kepala dan napas Chimaera.



DWARVE

Dwarve, atau yang kita sebut Kurcaci, adalah penambang batu bara dan logam, mereka bukan saja di karuniai sebagai ahli tambang, namun juga sebagai penjahit, pembuat roti dan peramal yang semua sama baiknya, mereka juga memiliki kemampuan menghilangkan diri jika mereka menghendakinya.
Dalam mitologi Norse, raja Kurcaci bernama Alberich, ia adalah penjaga dari harta Nibelung dan pemilik Tarnhelm, helm yang membuat pemakainya menjadi kasat mata.
Dwarve atau Kurcaci berasal dari mitologi Jerman dan cerita fantasi, biasanya dengan kekuatan ajaib, seringkali melibatkan ilmu penambangan.

Pemikiran awal tentang Kurcaci begitu rumit untuk diputuskan, Kurcaci secara terukur mirip dengan manusia (humanoid), namun dengan tinggi, gaya hidup yang berbeda serta kemiripan mereka dengan Elf atau Peri. Kulit mereka pucat, berambut hitam legam, dan sangat ahli dalam ilmu bumi, mereka sering disebut-sebut dalam mitologi dan cerita-cerita rakyat.
Seperti layaknya mitos mereka dalam perkembangannya, Kurcaci semakin jenaka dan misterius, mereka menggambarkannya bertubuh pendek dan jelek, berambut panjang dan berjanggut, menjadi kasat mata seperti para Peri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar