Selasa, 02 Februari 2010

JARINGAN KOMPUTER


PENGERTIAN

* Jaringan computer adalah sebuah kumpulan computer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung.
* Jaringan computer harus dibuat agar memudahkan pengguna untuk saling bertukar data, dokumen, dan penggunaan printer bersama.
* Manfaat jaringan computer adalah sebagai alat komunikasi resource, dan information sharing. Dalam dalam suatu jaringan kita bisa saling berbagi pemakaian sumber daya.

MACAM-MACAM JARINGAN

* LAN ( Local Area Network ) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umunya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.
* MAN ( Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang areanya relative lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Jaringan ini menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, misalnya jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
* WAN ( Wide Area Network ) adalah jaringan yang lingkupnya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BRI yang ada di Indonesia.

PROTOKOL

* OSI Layer

Adalah jenis protocol yang banyak digunakan, merupakan buatan dari Internasional Standart Organization ( ISO ). Pada jenis OSI ini dibagi atas tujuh lapisan ( layer ) yang masing-masing lapisan mempunyai fungsi dan aturan tersendiri. Tujuannya adalah untuk mempermudah pelaksanaan stadart tersebut secara praktis dan untuk memungkinkan flesibilitas dalam arti perubahan salah satu layer tidak mempengaruhi perubahan di layer lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar